Profil Dinas Kearsipan dan Perpustakaan
Visi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta
Terwujudnya tertib Arsip di Kabupaten Purwakarta |
|
Misi Dinas Kearsipan dan Perpustakan Kabupaten Purwakarta
|
|
1. |
Mengembankan, mengelola dan melestarikan arsip sebagai kasanah informasi dan bukti pertanggung jawaban penyelenggaraan pemerintahan.
|
2. |
Meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan di Kabupaten Purwakarta.
|
3. |
Meningkatkan kinerja aparatur dan epektivitas pelaksanaan tugas dan fungsi Kantor Arsip Daerah di Kabupaten Purwakarta.
|
Kebijakan Pembangunan
|
|
1. |
Bidang Kelembagaan.
|
2. |
Bidang Pengembangan SDM.
|
3. |
Bidang Pengembangan Sistem Kearsipan.
|
4. |
Bidang Pengembangan Sarana dan Prasarana.
|
5. |
Bidang Pengembangan Pemasyarakatan Kearsipan.
|
Pengembangan Sistem Kearsipan
|
|
1. |
Komputerisasi arsip (Local Area Network).
|
2. |
Pembuatan situs Kantor Arsip Daerah.
|
3. |
Penertiban Arsip Aktip dan Non-Aktip dari OPD.
|
4. |
Akuisisi Arsip in –Aktif dari OPD.
|
5. |
Penelusuran arsip bersejarah.
|
Sumber Daya Manusia dan Pengembangannya
|
|
Jumlah Pegawai kantor Arsip Daerah Tahun 2009 adalah 40 Orang, yang telah naik pangkat Tahun 2009 sebanyak 18 orang,dan memiliki perkumpulan yaitu AAI(Assosiasi Arsiparis Indonesia) . Adapun pengembangan SDM diantaranya :
|
|
.: |
Penambahan Arsiparis dan Pengelola Arsip Baru (disetiap OPD).
|
.: |
Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan (pendidikan Formal,Diklat ,Kursus,Seminar).
|
.: |
Melakukan pembinaan kepada pengelola Arsip di OPD,Kelurahan dan Desa.
|
.: |
Peningkatan kesejahteraan Arsiparis dan Pengelola Arsip.
|